MANAJEMEN STRATEGIK DI BIDANG PENDIDIKAN   8 comments

KONSEP MANAJEMEN STRATEGIK SEBAGAI PARADIGMA BARU
DI LINGKUNGAN ORGANISASI PENDIDIKAN

I. PENDAHULUAN

Dalam bidang ekonomi khususnya di lingkungan bisnis yang mengembangkan manajemen secara teoritis dan praktis, Manajemen Strategik telah cukup lama dikenal dan dikembangkan. Berbeda dengan di lingkungan organisasi non profit, khususnya bidang pendidikan, kehadiran Manajemen Strategik pada dasarnya merupakan suatu paradigma baru. Sebagai paradigma baru, jika diimplementasikan pada lingkungan organisasi pendidikan, tidak mungkin dilakukan sebagai kegiatan pengambilalihan seluruh kegiatannya sebagaimana dilaksanakan di lingkungan organisasi profit (bisnis), karena kedua organisasi tersebut satu dengan yang lain berbeda dalam banyak aspek, terutama dari segi filsafat yang mendasarinya dan tujuan yang hendak dicapai. …………Selanjutnya

About these ads

Posted 21 November 2007 by paksisgendut in Tak Berkategori

Dikaitkatakan dengan

8 responses to “MANAJEMEN STRATEGIK DI BIDANG PENDIDIKAN

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. Pendidikan adalah entitas murni bagi pemajuan ranah fikir dan sikap. Namun, di Indonesia pendidikan merupakan produk politik oportunis yang pada akhirnya menciptakan kebobrokan moral yang cukup signifikan. Sistem pendidikan Indonesia banyak melahirkan “pemikir” handal, tetapi jarang menghasilkan “praktisi” handal.

    Banyak institusi pendidikan yang kini menjadi bussines cappacity setelah otonomi kampus dilaksanakan. So, meskipun seorang mahasiswa bodohpun bisa dapat gelar kesarjanaan asal bisa bayar lebih. Lantas, dimanakah keadilan pendidikan bagi kaum papa?

    Yth. Pak Sis, anda adalah salah satu guru yang saya kagumi pada waktu di SKMA, karena obyektifitas dan keberanian anda untuk berkonfrontasi dengan kebobrokan sistem pendidikan yang ada. Semoga di tangan anda akan lahir generasi penerus yang mumpuni, memiliki kepekaan sosial dan integritas moral.

  2. Pendidikan di Indonesia tidak akan berhasil jika para pendidik dibebani tugas berat yang tidak masuk akal seperti sekarang ini. Tugas pendidik/guru hanya sebatas teori karena memang susah diterapkan dalam dunia nyata.

    • Klo kita memang bener – bener berniat mengabdikan diri dibidang pendidikan yang nota bene sangat mulia…… yang menjadi masalah sekarang adalah “kecenderungan” orang untuk tidak mau bekerja keras, merasa gajinya tidak cukup untuk hidup, banyak urusan keluarga yang juga menyita waktu dan tenaga…shngga semua beban pekerjaan kantor/sekolah terasa mengganggu atau berat karena ada yang harus dikalahkan….. Saya pribadi selalu membayangkan dan membandingkan bahwa sebetulnya apa yang kita lakukan untuk sekolah/anak didik tidak/belum maksimal jika kita juga mau berkaca pada rekan2 guru yang ada di swasta khususnya yang bernuansa agama (contoh : BIAS (islam), Sekolah katholik dsb) yang dengan penuh dedikasi dan penuh pengabdian untuk mendidik siswa2nya. Yakinlah bahwa kalau kita benar berniat dengan ikhlas untuk mengabdi di bidang pendidikan, kita akan dengan hati yang nyaman dan rasa yang teduh serta semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Di dekade 80-an profesi guru menjadi pilihan yang paling akhir dari semua pilihan pekerjaan….bahkan dapat dianggap sebagai profesi “buangan”…..Tapi dengan doa dan kerja yang tulus dari semua guru di seluruh indonesia pada saat ini dengan adanya penghargaan SERTIFIKASI , pilihan profesi guru naik tajam di masyarakat. Majulah Pendidikan di Indonesia! Bravo!

      • Memang sih kalau guru yang ideal itu lahir batin harus berjuang pendidikan untuk masyarakat. Tapi di belakang guru itu ada istri dan anak yang harus dicukupi kebutuhannya yang tidak bisa diganti, dengan slogan pahlawan tanpa tanda jasa. Selain itu ada anjuran tunjangan sertifikasi untuk meningkatkan kinerja dan mengabgrade diri guru tersebut. Tunjangan SERTIFIKASI sebetulnya bisa diharapkan untuk perbaikan yang diharapkan. Namun keluarnya yang tidak tentu itu membuat persoalan baru.
        Terutama bagi mereka yang memanfaatkan Tunjangan sertifikasi untuk kuliah lagi. Waktunya bayar semester tapi belum keluar lagi.

  3. Tulisan yang oke…tengkiyu banget….he…mampir dong ke blog beta punya nich.

  4. Tulisan anda tentang pendidikan sangat menarik sekali terutama tentang strategi dalam bidang pendidikan .karena pendidikan itu tugas mulia dan tugas kita bersama, selalu lah menulis artikel untuk kita semua .terimkasih . / Aizur hedi Payakumbuh

  5. sertifikasi itu bagus untuk meningkatkan sertifikasi guru, yang perlu dibenahi adalah proses mensertifikasi itu, sertifikasi yang diselenggarakan lewat jalur fortopolio, pendidikan maupun pelatihan harus sama orang-orang yang betul-betul cocok medp sertifikasi, karena sekarang ini banyak pemalsuan sertifikat, penyontekan hasil karya orang lain yang diklaim sbg hasil karya sendiri. mudah-mudahan kedepan akan lebih baik lagi, amin

  6. Ping-balik: manajemen stategik « kumpulantugas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: